Tips Melatih Otak Agar Tidak Mudah Lupa

By | 28 Juli 2019

Melatih otak (daya ingat) dapat dilakukan dengan tindakan preventip, berikut ini merupakan berbagai cara supaya tidak mudah lupa yang bisa Anda lakukan di keseharian Anda:

1. Tetap aktif secara mental

Sama halnya dengan olahraga yang dapat membuat tubuh tetap bugar, aktivitas yang merangsang secara mental juga dapat membantu menjaga otak tetap bugar. Cara agar tidak mudah lupa dengan aktif secara mental, seperti bermain teka-teki silang, bermain musik, memilih jalan alterjatif manuju kantor, atau Anda bisa bergabung dengan komunitas sesuai hobi.

2. Bersosialisasi secara teratur

Cara agar tidak mudah lupa ini sangat mudah, bahkan mungkin Anda tidak menyadari sudah melakukannya. Sering berinteraksi di lingkungan rumah atau di tempat kerja, ternyata bisa mencegah pikun atau mudah lupa.

Menghindari stres dan depresi juga dapat mencegah mudah lupa, karena kedua kondisi tersebut dapat menyebabkan daya ingat berkurang.

Jika Anda tinggal sendiri di rumah, cobalah sering berinteraksi dengan tetangga, teman atau kerabat lainnya.

3. Rutin berolahraga

Rutin berolahraga ternyata dapat melancarkan sirkulasi darah keseluruh tubuh yang membantu pikiran lebih jernih dan menjaga daya ingat. Tentu ini akan membantu Anda tidak mudah lupa.

Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan yang berbasis di AS, menyarankan olahraga selama 150 menit dalam seminggu, seperti aerobik sedang, jalan cepat, atau aerobik yang kuat selama 75 menit dalam seminggu seperti jogging. Sebaiknya lakukan sepanjang minggu, untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Bila tidak memiliki waktu karena kesibukan, cobalah meluangkan sedikit waktu untuk berjalan kaki selama 10 menit dalam sehari.

4. Mencatat

Cara agar tidak mudah lupa yang efektif lainnya adalah dengan mencatat hal-hal penting. Ketika akan melakukan sesuatu atau mulai merasa lupa, Anda dapat melihat kembali catatan sebelumnya.

Cara lainnya, Anda bisa menuliskan kata kunci pada note paper di samping komputer atau meja Anda agar mudah dilihat.

Jaka Anda adalah orang yang cukup teledor atau berantakan. Cobatah untuk mencatat janji, tugas, atau acara dalam buku catatan, kalender, atau di smarhphone Anda.

5. Tidur yang cukup & nyenyak

Tidur memainkan peran penting dalam membantu menguatkan ingatan, sehingga Anda dapat mengingatnya kembali. Jadikanlah tidur yang cukup sebagai prioritas. Kebanyakan orang dewasa membutuhkan tujuh hingga sembilan jam tidur dalam sehari.

Berdasarkan penelitian yang dilansir NCBI, bahwa terjaga selama 12 jam dapat menurunkan kemampuan memori untuk mengingat, sedangkan tidur yang cukup dapat mencegah mudah lupa.

6. Makan makanan sehat

Mengonsumsi makanan yang sehat tidak hanya untuk tubuh, tetapi sama baiknya untuk kesehatan otak. Tips agar tidak lupa adalah dengan makan buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.

Anda bisa memilih sumber protein yang rendah lemak, seperti kacang, ikan, dan unggas (tanpa kulit). Selain makanan, minuman juga penting untuk menguatkan daya. Bila Anda pecandu alkohol, segera berhenti minum alkohol karena terlalu banyak minum alkohol dapat menyebabkan kehilangan memori dan mengalami kebingungan atau kehilangan kesadaran. Sama halnya dengan obat-obatan terlarang seperti narkoba, yang harus dihindari.

7. Mengelola kondisi kronis

Cara agar tidak mudah lupa dengan mengkuti anjuran dari dokter untuk kondisi medis tertentu, seperti tekanan darah tinggi (hipertensi), diabetes, kolesterol tinggi, obesitas, depresi, dan gangguan pendengaran.

Semakin baik Anda menjaga kondisi penyakit Anda, semakin baik Anda dalam menjaga ingatan.

Hal yang juga penting untuk anda adalah memerhatikan obat Anda dengan dokter secara teratur, karena beberapa obat tertentu dapat memengaruhi daya ingat Anda.

8. Melatih fokus

Salah satu penyebab mudah lupa adalah sulitnya kita menempatkan fokus pada apa yang seharusnya kita lakukan. Sebagai contoh, kita diminta orang tua untuk membeli sesuatu saat kita sedang pergi ke luar rumah. Namun, karena tidak fokus, kita langsung lupa dengan permintaan ini setelahnya.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada cara melatih otak agar tidak mudah lupa, yakni dengan salah satu jenis olahraga yang bisa melatih fokus seperti yoga.

9. Mengonsumsi klorofil

Klorofil yang terdapat dalam sayuran hijau ternyata adalah salah satu cara agar tidak mudah lupa. Dengan mengonsumsinya, maka berbagai racun dan kotoran pada tubuh, termasuk yang ada dalam jaringan otak yang mengganggu daya ingat, bisa dibersihkan.

Untuk mendapatkan klorofil, Anda bisa mengonsumsi jus yang terbuat dari sayuran hijau, seperti jus brokoli, jus mentimun dan bayam, dan jus sayuran hijau lainnya.

10. Mendengarkan musik

Nama seseorang, angka, tanggal, dan informasi lainnya mungkin mudah Anda lupakan. Tetapi kita tidak akan kesulitan mengingat lagu dan bahkan lagu masa kecil Anda.

Mengapa masih bisa diingat? Karena ini adalah musikalitas rima dan lagu yang membuatnya mudah diingat.

Nah, Anda dapat menggunakan cara melatih otak agar tidak mudah lupa yang satu ini, dengan mengarang lagu tentang sesuatu yang ingin Anda ingat.

Memori musik juga berguna untuk belajar bahasa asing, lho! Cobatalh ikuti bersama dengan video musik berbahasa asing dengansubtitle, atau cari lagu-lagu karaoke. Cara ini akan memudahkan Anda untuk mengingat dalam jangka yang lama.

11. Pastikan untuk sarapan

Pernahkan Anda merasa sulit berkonsentrasi ketika mulai beraktivitas di pagi hari? Itu biasanya karena Anda belum sarapan.

Tidak melupakan sarapan dan mengonsumsi makanan yang tepat, Anda dapat menjaga sel-sel otak tetap sehat dan membantu mencegah penurunan kognitif yang berkaitan dengan usia.

Jadi, mulai sekarang jangan lupa untuk sarapan jika Anda tidak ingin mudah lupa. Penting pula untuk makan makanan sehat ya.

baca juga :

Cara melatih Otak Kanan Agar Kreatif dan Imajinatif

10 Cara Meningkatkan Daya Konsentasi agar Optimal Dalam Belajar

12. Hindari mengunyah permen karet

Tahukah Anda, para peneliti dari Universitas Cardiff di Inggris, menemukan bahwa mengunyah permen karet justru merusak daya ingat jangka pendek Anda. Kok bisa?

Dalam serangkaian tiga percobaan, sebanyak 97 mahasiswa diminta untuk mengingat urutan surat pendek atau mengidentifikasi item yang hilang dalam daftar. Kemampuan mereka lebih buruk secara signifikan ketika mengunyah permen karet. Para peneliti berspekulasi bahwa gerakan lidah, mulut, dan rahang mengunyah permen karet mengganggu ingatan jangka pendek.

Setelah mengetahui fakta tersebut, cobalah untuk mengganti permen karet dengan makanan makanan sebenarnya, yang dapat menyegarkan pikiran Anda.

Itulah tips agar tidak lupa yang bisa Anda terapkan di seharian Anda.

Selamat mencoba

doktersehat.com

Tinggalkan Balasan