Surat Edaran Pengelolaan Dana BOS Madrasah Tahun 2020

By | 3 Oktober 2019

Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada Madrasah merupakan program mandatori pemerintah yang berfungsi sebagai salah satu instrumen perluasan akses pendidikan guna mendukung penuntasan program wajib belajar.

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam mempunyai kewenangan untuk memastikan pendataan, pengalokasian anggaran, dan penggunaan BOS pada madrasah bersifat efisien, transparan, dan akuntabel dengan berpedoman pada peraturan dan perundangan yang ditetapkan.

Jumlah peserta didik sebagai dasar perhitungan penetapan alokasi anggaran BOS merupakan jenis data yang bersifat dinamis. Ketidaksesuaian data peserta didik ketika pengambilan data terakhir (cut-off) dengan data riil ketika anggaran BOS sudah ditetapkan dan siap untuk dicairkan mengakibatkan satker mengalami kelebihan/surplus anggaran atau sebaliknya mengalami kekurangan anggaran (pagu minus). Kondisi ini menyebabkan timbulnya potensi inefisiensi pelaksanaan anggaran serta tidak tercapainya tujuan program ini secara optimal. Untuk itu, perlu disusun surat edaran yang dijadilkan acuan dalam pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada Madrasah.

Surat Edaran ini bertujuan untuk memastikan pelaksanaan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada Madrasah berfungsi sebagai instrumen untuk memenuhi tercapainya Standar Pelayanan Minimum (SPM) dan Standar Nasional Pendidikan (SNP) sebagai bentuk penjaminan mutu pendidikan Madrasah. 

Baca juga :

Juknis Bantuan Operasional Sekolah (BOS) 2019

Juknis Bantuan Pemberdayaan KKG/MGMP/Pokjawas Pada Madrasah Tahun 2019

 

Ruang Lingkup Surat Edaran ini mengatur tentang:

  1. Mekanisme penetapan alokasi anggaran Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada Madrasah. 
  2. Mekanisme penyaluran anggaran Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada Madrasah.
  3. Mekanisme alokasi dana buffer Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada Madrasah.
  4. Mekanisme implementasi elektronik-Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah (e-RKAM).
  5. Penetapan penanggung jawab teknis pengelolaan dana BOS pada Madrasah. 

Untuk Lengkapnya Surat Edaran Pengelolan Bantuan Operasional Sekolah pada madrasah tahun 2020

silahkan dibaca/sedot DISINI

Demikian semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan