Soal KSM Madrasah Aliyah

By | 20 Juni 2019

Kompetisi Sains Madrasah atau KSM merupakan ajang kompetisi bakat dan minat di bidang sains antar siswa madrasah di seluruh Indonesia. Pelaksanaannya dibuat berjenjang mulai dari tingkat satuan pendidikan (madrasah), kabupaten/kota, provinsi, hingga nasional. Diharapkan kompetisi ini mampu mengembangkan bakat dan minat siswa dalam bidang sains sehingga menjadi manusia yang mencintai bidang keilmuan dan mampu berkompetisi di tingkat internasional.

Guna mempersiapkan para calon peserta KSM dalam ajang tersebut, tentu dibutuhkan latihan-latihan secara intens, termasuk dalam mengerjakan contoh soal KSM. Karena itulah ikut membagikan contoh soal KSM untuk Madrasah Aliyah, lengkap untuk keenam bidang yang meliputi Matematika Terintegrasi, Biologi Terintegrasi, Fisika Terintegrasi, Kimia Terintegrasi, Ekonomi Terintegrasi, dan Geografi Terintegrasi.

Contoh soal KSM MA ini merupakan contoh soal resmi buatan Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah Dirjen Pendis Kementerian Agama. Karena dilabeli sebagai dokumen negara sehingga soal dilarang diperbanyak dan diperjualbelikan secara bebas. Namun karena link unduhan disertakan dalam juknis KSM 2019, maka Ayo Madrasah berani membagikan ulang.

Tersedia paket soal KSM Madrasah Aliyah untuk bidang Matematika Terintegrasi, Biologi Terintegrasi, Fisika Terintegrasi, Kimia Terintegrasi, Ekonomi Terintegrasi, dan Geografi Terintegrasi.

Disamping itu, tentu guru pembimbing tetap dituntut untuk melakukan pembimbingan dengan berbagai bentuk soal lainnya yang sesuai dengan materi dan kisi-kisi KSM serta Juknis KSM 2019.

Untuk mengunduhnya, sila klik tautan yang tersedia di bawah ini.

  1. Soal KSM MA: Matematika Terintegrasi (UNDUH FILE)
  2. Soal KSM MA: Biologi Terintegrasi (UNDUH FILE)
  3. Soal KSM MA: Fisika Terintegrasi (UNDUH FILE)
  4. Soal KSM MA: Kimia Terintegrasi (UNDUH FILE)
  5. Soal KSM MA: Ekonomi Terintegrasi (UNDUH FILE)
  6. Soal KSM MA: Geografi Terintegrasi (UNDUH FILE)

Soal-soal KSM Madrasah Aliyah tersebut hanya salah satu contoh. Guru pembimbing tentu dapat memberikan soal-soal lainnya dengan berpedoman cakupan materi (kisi-kisi) dan juknis KSM 2019.

Demikian, semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan