Pedoman Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2019

By | 25 Januari 2019

Direktorat Pembinaan SMA, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasardan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan secarakonsisten terus mengembangkan program pembinaan olah pikirpeserta didik melalui kegiatan Olimpiade Sains Nasional (OSN).Sampai saat ini OSN meliput 9 (sembilan) bidang keilmuan, yaitu:bidang Matematka, Fisika, Kimia, Informatka/Komputer, Biologi,Astronomi, Ekonomi, Kebumian dan Geograf.

OSN diselenggarakan selain sebagai upaya untuk meningkatkan komptensi sains, teknologi, dan matematka, kegiatan ini juga sesungguhnya adalah wahana untuk menumbuhkan karakter siswa yang jujur, disiplin, sportf, tekun, kreatf, tangguh dan cinta tanah air. Melalui OSN juga kita peroleh siswa terbaik calon-calon duta bangsa yang akan kita ikutsertakan dalam olimpiade sains internasional.

Oleh karena itu OSN yang setap tahun kita selenggarakan harus dapat berjalan dengan sebaik-baiknya sejak tngkat sekolah, tngkat kabupaten/kota hingga ke tngkat internasional. Buku Panduan OSN Tahun 2019 ini merupakan acuan bagi panita Olimpiade Sains Kabupaten/Kota (OSK), Olimpiade Sains Provinsi (OSP), Olimpiade Sains Nasional (OSN), sekolah, guru, siswa dan bagi semua pemangku kepentngan dalam mengikut dan melaksanakan seleksi dengan sebaik-baiknya.

Tujuan umum penyelenggaraan OSN antara lain:

  1. mendapatkan dan mengembangkan siswa bertalenta dan berkarakter dengan prestasi internasional, sehingga mampu berkontribusi sebagai pionir pembangunan melalui ilmu pengetahuan dan teknologi, untuk mewujudkan bangsa yang unggul.
  2. mendorong pemerataan prestasi untuk memaksimalkan penemuan siswa bertalenta dan berkarakter dari seluruh pelosok Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  3. menciptakan atmosfer berkompetisi dan berprestasi yang sehat, serta mendorong tumbuh kembangnya budaya

Tempat Pelaksanaan Olimpiade Sains Internasional Tahun 2020

OSN Tahun 2019 merupakan tahapan untuk menyeleksi siswa yang akan dipersiapkan mewakili Indonesia pada ajang Olimpiade Sains Internasional Tahun 2020. Tempat pelaksanaan Olimpiade Sains Internasional Tahun 2020 adalah:

  1. Internatonal Mathematcal Olympiad (IMO): Rusia
  2. Internatonal Physics Olympiad (IPhO): Lithuania
  3. Internatonal Chemistry Olympiad (IChO): Turki
  4. Internatonal Olympiad in Informatcs (IOI): Singapura
  5. Internatonal Biology Olympiad (IBO): Jepang
  6. Internatonal Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA):Kolombia
  7. Internatonal Earth Science Olympiad (IESO): Rusia
  8. Internatonal Geography Olympiad (IGeO): Turki
  9. Internatonal Economics Olympiad (IEO): Kazakhstan

Untuk Lengkapnya disilahkan di Ambil PEDOMAN OLIMPIADE SAINS 2019 DISINI

Baca Juga :

Pedoman Olimpiade Guru Nasional 2019

Aturan Penerimaan Peserta Didik Baru 2019

Demikian Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan