Jurusan Kuliah IPA dan Prospek Kerjanya, Tentukan Pilihanmu

By | 18 Oktober 2019

Macam-macam jurusan kuliah IPA pasti mulai dicari bagi kamu yang sedang mempersiapkan bangku kuliah. Di SMA jurusan IPA dipersiapkan untuk dapat melanjutkan pendidikan tinggi yang sesuai dengan bidangnya. Macam-macam jurusan kuliah IPA cukup luas dan punya banyak pilihan.

Macam-macam jurusan kuliah IPA biasanya dikategorikan ke dalam bidang sains dan teknolgi (saintek). Macam-macam jurusan kuliah IPA bisa kamu temukan di banyak perguruan tinggi di Indonesia. Jurusan-jurusan ini banyak diminati calon mahasiswa, sebut saja kedokteran dan teknik. Bukan tanpa alasa, jurusan-jurusan ini dinilai memiliki prospek kerja menjanjikan.

Kamu mungkin sedang menimbang-nimbang jurusan apa yang akan dipilih. Macam-macam jurusan kuliah IPA ini juga dikategorikan dengan cabang ilmu yang ada. Kamu bisa memilih salah satu dari macam-macam jurusan kuliah IPA sesuai minat dan bakatmu. Berikut beberapa pilihan macam-macam jurusan kuliah IPA

Teknik Listrik

Ada banyak cabang ilmu teknik, semuanya menekankan pada penerapan ilmu dan teknologi untuk menyelesaikan permasalahan manusia. Berikut jurusan yang palin populer:

Teknik Sipil

Teknik sipil adalah salah satu cabang ilmu teknik yang mempelajari tentang bagaimana merancang, membangun, dan merenovasi. Ini tak mencakup hanya gedung dan infrastruktur, tetapi juga mencakup lingkungan hidup manusia. Ruang lingkup teknik sipil cocok untuk jurusan IPA. Juruasn ini membutuhkan pengetahuan matematika, fisika, kimia, biologi, geologi, lingkungan hingga komputer. Prospek kerja dari jurusan ini meliputi insinyur, konsultan infrastruktur dan bangunan, hingga surveyor.

Teknik Mesin

Teknik mesin adalah ilmu teknik mengenai aplikasi dari prinsip fisika untuk analisis, desain, manufaktur dan pemeliharaan sebuah sistem mekanik. Pendidikan untuk teknik mesin ditawarkan di universitas di seluruh dunia. Ilmu ini membutuhkan pengertian mendalam atas konsep utama dari cabang ilmu mekanika, kinematika, teknik material, termodinamika dan energi. Prospek kerja jurusan ini meliputi perancang mesin, industri otomotif, konsultan hingga dosen.

Teknik Kimia

Teknik kimia adalah cabang ilmu teknik atau rekayasa yang mempelajari pemrosesan bahan mentah menjadi barang yang lebih berguna, baik berupa barang jadi ataupun barang setengah jadi. Prospek kerja jurusan ini meliputi Research And Development, Quality Control, Project Engineer, dan masih banyak lagi.

Teknik Industri

Teknik industri adalah suatu teknik yang mencakup bidang desain, perbaikan, dan pemasangan dari sistem integral yang terdiri dari manusia, bahan-bahan, informasi, peralatan dan energi. Ilmu ini memerlukan pengetahuan dan keterampilan yang spesifik pada matematika, fisika, dan ilmu-ilmu sosial bersama dengan prinsip dan metode dari analisis keteknikan dan desain. Prospek kerjanya dapat meliputi Quality Management, manajemen SDM, Sistem informasi, manufaktur, dan lain sebagainya.

Kedokteran

Kedokteran adalah ilmu dan praktik dari diagnosis, pengobatan, dan pencegahan penyakit.Di Indonesia, pendidikan kedokteran dibuka di tingkat fakultas kedokteran universitas. Mahasiswa harus menempuh pendidikan strata-1 selama sekitar 3,5 tahun untuk mendapatkan gelar Sarjana Kedokteran (SKed). Setelah itu untuk menjadi seorang dokter, mahasiswa harus mengikuti pendidikan profesi dokter selama 1,5 tahun.

Kesehatan dan keselamatan kerja

Kesehatan dan keselamatan kerja (K3) adalah bidang yang terkait dengan kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan manusia yang bekerja di sebuah institusi maupun lokasi proyek. Saat ini telah banyak universitas yang membuka program studi Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Prospek kerja jurusan K3 dapat tersebar di berbagai industri dan perusahaan, karena profesi ini dibutuhkan tiap perusahaan.

Kesehatan Masyarakat

Kesehatan Masyarakat adalah ilmu dan seni memelihara, melindungi dan meningkatkan kesehatan masyarakat melalui usaha-usaha pengorganisasian masyarakat. Kesehatan masyarakat juga memiliki peran penting dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia, penanggulangan kemiskinan dan pembangunan ekonomi. Lulusan Kesehatan Masyarakat dapat bekerja di berbagai layanan kesehatan, PNS, hingga dosen.

baca juga :

Ternyata Ada Soal HOTS di UTBK SBMPTN 2019

Farmasi

Farmasi adalah salah satu bidang profesional kesehatan yang merupakan kombinasi dari ilmu kesehatan dan ilmu kimia. Ilmu ini mempunyai tanggung-jawab memastikan efektivitas dan keamanan penggunaan obat. Farmasis (apoteker) merupakan gelar profesional dengan keahlian di bidang farmasi.

Farmasis biasa bertugas di institusi seperti badan pengawas obat/makanan, rumah sakit, industri farmasi, industri obat tradisional, apotek, dan di berbagai sarana kesehatan.

Pertanian dan peternakan

Ilmu pertanian adalah bidang kajian luas yang mempelajari pertanian. Dengan inti biologi, ilmu ini mendayagunakan pula matematika, statistika, ilmu pengetahuan alam, ilmu ekonomi dan sosial, serta berbagai teknologi dari rumpun keilmuan lainnya. Ada banyak cabang ilmu pertanian. Ini meliputi Agronomi, Ekonomi pertanian, Ilmu lingkungan, Ilmu pangan, Ilmu tanah, Teknik pertanian, dan masih banyak lagi.

Peternakan

Ilmu peternakan merupakan cabang biologi terapan yang berkaitan dengan pengembangan hewan sesuai dengan kondisi setempat dan perkembangan permintaan. Ilmu peternakan mempelajari semua kegiatan terkait peternakan mulai dari produksi, pakan, Pengolahan, serta manajemen dan perencanaan usaha. Prospek kerjanya dapat meliputi produksi peternakan, industri pakan ternak, obat hewan, dan pengolahan limbah.

MIPA

Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) adalah jurusan yang tepat untuk lulusan IPA. Ilmu ini adalah gabungan ilmu yang mempelajari matematika dan ilmu alam.

Biasanya universitas memiliki satu fakultas MIPA yang di dalamnya terdapat jurusan terkait MIPA ini. Jurusan MIPA meliputi biologi, fisika, kimia, matematika, ilmu bumi, astronomi, statistika, dan beberapa cabang turunannya.

Demikian semoga bermanfaat

liputan6.com

Tinggalkan Balasan