Tips Menjaga Agar Guru Bahagia Dalam Mengajar dan Tidak Membosankan

By | 21 Agustus 2017
mengajar

Bahagia Mengajar

Mengajar merupakan suatu aktivitas yang dilakukan oleh seseorang dalam hubungannya dengan siswa, dan bahan pengajar serta mengatur situasi belajar siswa sehingga tercipta situasi dan kondisi atau sistem lingkungan yang mendukung proses belajar mengajar.

Agar kegiatan mengajar menyenangkan seorang guru perlu mengetahui Tips dan tricknya.

Berikut adalah tips agar mengajar menyenangkan yang diperoleh dari berbagai sumber 

TIPS UMUM AGAR GURU BAHAGIA MENGAJAR

  1. Masuk kelas mulailah dengan salam dan senyuman manis.
  2. Kalau lagi ada masalah dirumah, jangan masuk kelas dulu, stabilkan dulu moodnya dengan ngopi-ngopi santai atau berkelakar dengan rekan kerja.
  3. Jangan terlalu banyak memberi tugas ke siswa, agar tak pusing mengoreksinya, 3 sampai 5 soal saja cukup.
  4. Kalau anda tak sempat mengoreksi tugas/PR siswa, ajak siswa koreksi berjamaah, koreksian kelar, siswa pun senang. Akan tetapi ini Tidak berlaku untuk koreksi Ulangan.
  5. Kalau ada siswa yang susah diatur, kasus berat seperti merokok, hirup aibon, dll, cukup ditegur 2-3 kali, kalau masih tidak ada perubahan, diamkan saja anggap tidak ada. Jangan lupa catat nama siswanya buat laporan ke wali kelas yang bersangkutan. Tidak usah ribut dengan siswa yang susah diatur, kembalikan ke orangtuanya karena guru bukan pusat rehabilitasi.
  6. Kalau tiba-tiba dapat telepon mengabarkan anak sakit atau orang tua sakit, mita izin pulang, urus keluarga dulu, siswa bisa diurus sama guru lain.
  7. Kalau anak sakit/opname, izin dulu sampe anak sembuh. Anak adalah tanggung jawab orangtua.
  8. Bawa makan siang dan makanan ringan kesukaan buat antisipasi kalau jajanan di sekolah kurang enak.
  9. Jika tiba-tiba mengantuk berat ketika lagi mengajar, segera cari tempat buat tiduran 10-15 menit saja, akan tak enak kalau gurunya ketiduran di kelas.
  10. Letakan buku pelajaran ditempat yang mudah dijangkau. Jika mendadak tidak bisa datang karena alasan penting, titip tugas biar guru piket mudah mencarinya.
  11. Bawa wangi-wangian untuk antisipasi bau tak sedap di kelas setelah jam istirahat. Bolehlah sesekali tambahkan bedak & lipstik kalau muka kelihatan semrawut dan pucat.
  12. Uang sertifikasi jangan dihabiskan sekaligus. Disisihkan sebagian untuk dana liburan.
  13. Maksimalkan waktu libur sekolah dengan liburan bersama keluarga. Siswa libur, guru libur juga.
  14. Jangan bawa pekerjaan di sekolah ke rumah. Kapan bikin RPP, soal ulangan dll? Yaa di sekolah, pas lagi senggang.
  15. Pakai Pakaian untuk mengajar yang biasa aja, tidak usah ribet macam,. Yang penting rapi dan bersih  

Baca juga : 13 Wasiat Penting dan Berharga untuk Guru demi Keberhasilan Pendidikan

TIPS DIKELAS AGAR  MENGAJAR TIDAK MEMBOSANKAN

Dalam kegiatan pembelajaran ada beberapa tips serta cara agar proses KBM tidak membosankan bagi para siswa, Berikut beberapa tips agar siswa tidak jenuh saat belajar di kelas :

  1. Pemilihan metode yang baik dan tepat, guru sebagai seorang pendidik diharuskan memilih suatu metode yang tepat dan berkualitas. Sebisamungkin metode yang diaplikasikan bisa membuat para siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran yang pada akhirnya kegiatan KBM pun menjadi tidak membosankan bagi para siswa.
  2. Pemilihan media yang tepat dan berkualitas, guru sebagai seorang pendidik sebisamungkin mempertimbangkan media apa yang sekiranya cocok dan pas untuk diterapkan pada kegiatan pembelajaran. Tujuan dari pengaplikasian media itu sendiri adalah agar para siswa bisa menyerap materi pelajaran yang diajarkan oleh gurunya tanpa merasa jenuh dan tentunya menjadikan mereka ikut terlibat aktif pada proses pembelajaran.
  3. Mengadakan sebuah simulasi, hal tersebut sangat diperlukan untuk diaplikasikan di saat proses belajar mengajar. Pilihlah suatu bentuk simulasi yang dapat membangkitkan gairah semangat belajar siswa.
  4. Lakukan suatu bentuk pembelajaran secara outdoor, guru jangan hanya melakukakan suatu proses pembelajaran di dalam kelas saja, manfaatkan juga lokasi-lokasi yang ada. Kegiatan didalam kelas secara terus-menerus hanya akan menjadikan siswa bosan dan jenuh. Oleh karenanya, cobalah sesekali untuk melakukan kegiatan belajar mengajar secara outdoor sehingga para siswa tidak merasa bosa dengan suasana pembelajaran.
  5. Pendekatan terhadap para siswa, guru sebagai seorang pendidik diharapkan mampu melakukan suatu bentuk pendekatan kepada para siswa agar mereka tidak merasa malu dan sungkan untuk bertanya kepada guru. Hal ini akan menjadikan siswa menjadi lebih aktif dan berperan penting dalam pembelajaran.

 Guru bahagia, siswapun senang. 


 Demikian Semoga bermanfaat, selamat mengajar semoga tetap bahagia

Tinggalkan Balasan