Modul PKB SD Kelas Awal 2017

By | 16 Desember 2017
Modul PKB SD Kelas Awal 2017

Modul PKB SD Kelas Awal 2017 – Guru mempunyai kewajiban untuk selalu memperbaharui dan meningkatkan kompetensinya melalui kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan sebagai esensi pembelajar seumur hidup. Untuk mendukung pengembangan pengetahuan dan keterampilan tersebut, dikembangkan modul untuk pengembangan keprofesian berkelanjutan yang berisi topik-topik penting. Adanya modul ini memberikan kesempatan kepada guru untuk belajar lebih mandiri dan aktif. Modul ini juga digunakan sebagai bahan ajar dalam kegiatan diklat tatap muka langsung atau tatap muka kombinasi (in-on-in).

Pengembangan profesionalitas guru melalui Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) merupakan upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependikan dalam upaya peningkatan kompetensi guru. Sejalan dengan hal tersebut, pemetaan kompetensi guru telah dilakukan melalui Uji Kompetensi Guru (UKG) untuk kompetensi pedagogik dan profesional pada akhir tahun 2015. Peta profil hasil UKG menunjukkan kekuatan dan kelemahan kompetensi guru dalam penguasaan pengetahuan pedagogik dan profesional. Peta kompetensi guru tersebut dikelompokkan menjadi 10 (sepuluh) kelompok kompetensi.
Tindak lanjut pelaksanaan UKG diwujudkan dalam bentuk pelatihan guru paska UKG pada tahun 2016 dan akan dilanjutkan pada tahun 2017 ini dengan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi guru sebagai agen perubahan dan sumber belajar utama bagi peserta didik. Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru dilaksanakan melalui tiga moda, yaitu:
1) Moda Tatap Muka,
2) Moda Daring Murni (online), dan
3) Moda Daring Kombinasi (kombinasi  antara tatap muka dengan daring).
Modul PKB Guru Pembelajar ini disusun sebagai bentuk fasilitasi bagi guru guna meningkatkan wawasannya mengenai karakteristik siswa, permasalahan siswa,potensi siswa,dan kesulitan belajar siswa beserta cara mengatasinya. Perbedaannya dengan modul tahun lalu (2016) antara lain adalah pada tahun 2017 modul ini telah mengintegrasikan nilai-nilai utama karakter pada Gerakan PPK dalam rangka mendukung implementasi Gerakan PPK di sekolah dan kelas serta pengembangan soal. Penerapan nilai-nilai utama karakter pada PPK tersebut terintegrasi dalam komponen kegiatan pembelajaran.
Modul yang di bagikan ini merupakan modul yang telah direvisi pada tahun 2017 untuk jenjang SD dan tentunya telah terintegrasi dengan PPK dan pengembangan soal HOTS. Bagi Anda yang memerlukan, silakan unduh filenya secara gratis pada link di bawah ini.

Tinggalkan Balasan