Inilah Langkah Kemendikbud dalam Menerapkan Full Day School

By | 11 November 2016

muhajir

Janji pemerintah buat merevitalisasi sekolah di seluruh daerah bakal segera direalisasikan.  Untuk tahap pertama, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan memperbaiki sekitar 20 ribu Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

“Saya sudah buat peta tahun 2017 akan ada 42 ribu ruangan rusak yang kita perbaiki. Kira-kira itu nanti 20 ribu sekolah yang diperbaiki,” ujar Mendikbud Muhadjir Effendy dalam keterangan tertulisnya, Kamis (10/11).

Dia menjelaskan, perbaikan yang dilakukan banyak macamnya. Mulai dari penambahan fasilitas, hingga peningkatan standar layanan sekolah.

“Standar pelayanan minimumnya akan kita naikan. Karena standar yang dipakai SD Inpres dan SMP Inpers sekarang ini, standar 25 tahun yang lalu. Jadi sudah tidak update, harus kita naikan,” jelasnya.

Standar layanan di 20 ribu sekolah yang diperbaiki akan mengacu pada pola Full Day School (FDS). Kata Menteri Muhadjir, peningkatan ini sejalan dengan rencana pemerintah mengoptimalkan pendidikan karakter.

“Nanti standarnya kita naikan seperti sekolah-sekolah full day. Sekolah yang lengkap, ada perpustakaan, ada tempat istirahat. Ada ruang guru, ada tempat untuk kegitan non class itu tadi, untuk pendidikan karakter. Bermain peran, itu yang mau kita rancang,” tandas pria yang pernah menjabat rektor Universitas Muhammadiyah Malang ini.

Kemdikbud memang tengah mempersiapkan perubahan pola pendidikan untuk tingkat SD dan SMP. Sesuai dengan janji Presiden Joko Widodo dalam Nawacita, pola pendidikan karakter akan lebih ditonjolkan.  Saat ini ratusan kepala sekolah tengah menjalani pelatihan untuk menerapkan pola baru ini.

Sumber : pojoksatu.id

Loading...

Tinggalkan Balasan