Inilah Jadwal KSM dan Aksioma 2017 Yogyakarta

By | 8 Agustus 2017
Logo Aksioma dan KSM

Logo Aksioma dan KSM

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tahun 2017 merupakan KSM yang keenam kalinya diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama. Program ini setiap tahun dilaksanakan dalam rangka terus mendorong siswa madrasah agar selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional dan spiritual berdasarkan nilai-nilai agama.

Secara umum Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tahun 2017 bertujuan untuk peningkatkan mutu
pendidikan Sains di madrasah/sekolah secara komprehensif melalui penumbuhkembangan budaya
belajar, kreativitas, dan motivasi meraih prestasi terbaik dalam ridha Allah SWT dengan kompetisi yang
sehat dan menjunjung tinggi sportivitas dan nilai-nilai Islam dalam mempelajari dan memahami sains.

Aksioma merupakan program dua tahunan. Dimulai sejak tahun 2009 merupakan program unggulan Direktorat Pendidikan Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama. Aksioma memberikan pengaruh yang cukup signifikan bagi terwujudnya semangat belajar siswa di madrasah. Terciptanya suasana tersebut dilingkungan pendidikan madrasah menumbuhkembangkan siswa dalam meraih prestasi belajar yang membanggakan. Aksioma tingkat nasional tahun 2017 akan digelar di kota Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta.

Ajang Kreasi Seni dan Olahraga Madrasah (Aksioma) dan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Nasional 2017. Ajang ini diikuti sekitar 3.000 siswa madrasah yang merupakan juara tiap provinsi se-Indonesia. Ditambah jumlah pendamping dan official berjumlah 10.000 orang.

Berikut kami sampaikan jadwal acara kegiatan tersebut:

SIARAN PERS JADWAL AKSIOMA-KSM NASIONAL 2017

SENIN, 7 Agutus 2017
Pukul 13.30: Wiwit Agung Madrasah Tahfidz (Program 1.000 tumpeng) oleh madrasah se-DIY di lapangan parkir barat Stadion Mandala Krida. Dzikir bersama dan dilanjutkan dahar kembul guru-siswa madrasah.

Pukul 15.00: Pawai Ta’aruf Kontingen se-Indonesia dengan naik andong. RUTE: Kampus UIN Sunan Kalijaga ke selatan hingga pertigaan Kampus APMD (Jalan Timoho) ke barat menuju Stadion Mandala Krida.

Pukul 18.00: Tamu Undangan dan seluruh kontingen memasuki stadion.

Pukul 18.45: Menteri Agama RI dan Gubernur DIY serta tamu VVIP tiba dan langsung memasuki ruangan VVIP Stadion Mandala Krida

Pukul 19.00: Prescon bersama Menag, Gubernur DIY, Rektor UIN Suka, Dirjen Pendis Kemenag RI dan Kakanwil Kemenag DIY

Pukul 19.30: Upacara Pembukaan Aksioma-KSM Nasional dimeriahkan Emha Ainun Nadjib (Cak Nun), Kiai Kanjeng serta Band Letto. Juga tari kolosal siswa madrasah dengan koreografer Didik Nini Thowok.

SELASA, 8 Agustus 2017
Pukul 08.00: Menteri Agama RI resmikan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di Kanwil Kemenag DIY Jalan Sukonandi 8 Yogyakarta. Sebagai catatan, Kemenag DIY oleh Kemenag RI dijadikan Pilot Project sebagai Kanwil Kemenag pertama di Indonesia yang memiliki PTSP.

Pukul 09.00: Ibu Menteri Agama RI (Trisna Willy Lukman Hakim) beserta seluruh Ketua DWP Kemenag se-Indonesia membuka Expo Madrasah di Gedung Multipurpose (Sayap Timur) UIN Suka.

Pukul 09.30: Menag RI resmikan gedung baru di UIN Sunan Kalijaga.

Pukul 11.00: Lunch Talk bersama Menteri Agama RI dan Kakanwil Kemenag se-Indonesia di Rama Garden Resto belakang Candi Prambanan. Panitia menyiapkan prescon khusus dengan rekan-rekan media.

SELASA, 8 Agustus mulai Pukul 13.00 hingga KAMIS, 10 Agustus 2017 dan JUMAT, 11 Agutus 2017 (Jika ada partai final) dilaksanakan aneka perlombaan baik Cabang Seni, Sains dan Olahraga di Kampus UIN Suka, GOR Amongrogo, dan Lapangan Futsal 4R di Jogokaryan (Jalan Paris selatan SPBU Menukan)

JUMAT, 11 Agustus 2017
Pukul 18.30: Upacara Penutupan Aksioma-KSM 2017 oleh Sekjen Kemenag RI dan Wagub DIY (atau Walikota Yogyakarta) di GOR Amongrogo. Sekaligus pengumuman Juara Umum.

Demikian semoga bermanfaat

 

 

Loading...

Tinggalkan Balasan