10 Cara Meningkatkan Daya Konsentasi agar Optimal Dalam Belajar

By | 8 Desember 2016

konsentrasi belajar

Konsentrasi merupakan suatu hal yang paling diperlukan untuk sukses dalam mempelajari sesuatu dan mengerjakan pekerjaan.  Jika kita memiliki konsentrasi kuat terhadap suatu hal, maka kemampuan untuk mengerjakan sesuatu akan terpusat dan terarah.  Hasilnya, bisa diselesaikan dengan lebih cepat dan lebih baik. Dalam konsentrasi, kita mengumpulkan semua energi yang terpencar untuk fokus hanya kepada satu hal. Apabila kita menguasainya, konsentrasi memiliki manfaat yang luar biasa terhadap hidup kita. Konsentrasi dapat meningkatkan produktivitas dan memberikan ketenangan pikiran sehingga dapat meningkatkan hasil  belajar .

10 cara untuk meningkatkan daya konsentrasi.

1.Fokus

Fokus berarti kita memusatkan pikiran pada satu hal. Apapun pekerjaan kita,  hal yang paling penting adalah untuk fokus dan konsentrasi kepada pekerjaan yang sedang berlangsung. Konsentrasi akan buyar apabila kita diganggu oleh beberapa hal lain pada saat yang bersamaan. Untuk dapat berkonsentrasi, kita mesti  tidak melakukan beberapa hal pada saat yang sama.

2. Belajar Mengontrol Pikiran

Konsentrasi akan goyah karena adanya gangguan yang tidak diinginkan yang muncul dalam pikiran kita. Gangguan ini dapat menghalangi usaha kita dalam mencapai konsentrasi penuh. Solusinya yakni dengan belajar untuk mengendalikan,mengontrol dan menenangkan pikiran. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah kita tidak memiliki pilihan untuk menerima atau menolak pikiran. Kedua adalah kita mestinya mengawasi pikiran kita secara sadar dan mengendalikan diri kita agar tidak terpengaruh gangguan apapun yang dapat mempengaruhi konsentrasi.

baca juga : orang tua harus pahami karakter anak untuk kembangkan kecerdasannya

3. Praktek

Konsentrasi merupakan suatu aktivitas. semakin kita latih dan praktekkan, semakin baik pula kemampuan konsentrasi kita. Kita tentu tidak mengharap akan menjadi hebat tanpa pelatihan. Sama juga halnya dengan konsentrasi. Konsentrasi adalah seperti otot tubuh, semakin kita melatihnya, maka akan semakin kuat pula jadinya. Memang tidak ada latihan khusus yang spesifik untuk konsentrasi, namun hidup memberikan begitu banyak kesempatan bagi kita untuk melatih konsentrasi. Kuncinya adalah untuk selalu mengambil kesempatan untuk meningkatkan kemampuan konsentrasi.

4. Meditasi

Meditasi, ternyata dapat meningkatkan daya konsentrasi. pada saat kita  bermeditasi, hal penting yang harus dikuasai adalah konsentrasi. Meditasi akan membuat kita terlatih berbagai teknik konsentrasi sehingga dengan sendirinya daya konsentrasi kita akan meningkat.

5.Perubahan

Konsentrasi terhadap satu hal untuk waktu yang lama sangatlah sulit. Apabila kita konsentrasi kepada satu tugas untuk satu jam, kita kemudian dapat melanjutkan hal lainnya. Perubahan aktivitas ini membuat kita mampu untuk menggunakan sifat-sifat lain. Oleh sebab itulah kita dapat mempertahankan kekuatan konsentrasi tanpa merasa lelah terhadap suatu aktvitas.

6.Suasana Baru dan Liburan

Daya konsentrasi bisa menurun apabila kita mengerjakan sesuatu secara berulang dan dalam waktu yang lama. makanya di sekolah dalam belajar perlu pergantian pelajaran. Sekolah juga perlu mengadakan pembelajaran diluar sekolah contohnya dengan mengadakan Studi Wisata, sehingga pikiran siswa menjadi lebih enjoy yang akhirnya dapat meningkatkan daya konsentrasi dalam pembelajaran.
Liburan juga dapat meningkatkan daya konsentrasi, karena dengan liburan pikiran kita akan lebih segar dari sebelumnya, makanya di Indonesia 2 kali dalam setahun sekolah diliburkan, ini adalah untuk menyegarkan dan menurunkan ketegangan pikiran siswa

7. Kondisi Fisik

Kondisi sisik ternyata juga berpengaruh terhadap daya konsentrasi. Apabila kita merasa lelah atau kurang sehat, berkonsentrasi akan menjadi lebih sulit. Konsentrasi tentu saja masih dapat dilakukan, hanya saja akan menjadi lebih sulit. Olahraga dapat membantu kita untuk meningkatkan daya konsentrasi. Tubuh yang fit, pikiran jernih dan menciptakan dinamisme juga akan sangat membantu daya konsentasi. Apabila kita merasa sulit untuk berkonsentrasi, solusinya adalah, olahraga yang teratur

8. Sarapan

Sarapan merupakan kebiasaan penting yang mesti dilakukan tiap hari. Orang yang tidak terbiasa sarapan pada umumnya memiliki daya konsentrasi yang lebih rendah dibandingkan mereka yang gemar sarapan. Dengan sarapan, tubuh kita akan memiliki energi yang cukup untuk memulai aktivitas. Tidak hanya sekadar meningkatkan konsentrasi, sarapan juga terbukti dapat meningkatkan kemampuan seseorang dalam memecahkan masalah, meningkatkan daya ingat, memperbaiki mood serta meningkatkan kualitas kinerja fisik ataupun mental. Sarapan merupakan asupan pertama bagi tubuh untuk mengisi ulang glukosa setelah kita tidur tanpa mengonsumsi makanan sama sekali

9. Hindari Melamun

Melamun kadang merupakan kebiasaan yang menyenangkan untuk dilakukan. Tapi melamun juga menjadi sesuatu yang dapat membuyarkan konsentrasi. Melamun bisa membuat mood seseorang dalam menjalankan aktivitas menjadi berkurang karena tidak lagi bergairah. Melamun merupakan kebiasaan yang memakan banyak waktu juga membuat seseorang menjadi malas.

10. Istirahat

Jangan sesekali menggunakan otak dalam waktu yang lama tanpa selang antara untuk beristirahat. Ingatlah untuk selalu berisitirahat setidaknya 5 menit pada tiap 60 menit yang kita gunakan untuk berpikir.  Terlebih jika pekerjaan  yang kita lakukan membutuhkan tingkat konsentrasi tinggi, maka selang antara untuk beristirahat merupakan hal yang penting yang harus dilakukan.

Menggunakan otak tanpa istirahat, membuat daya konsentrasi  kita semakin berkurang. Istirahat, berguna untuk mempertajam kembali vitalitas otak kita.

Demikian Semoga bermanfaat.

 

 

 

One thought on “10 Cara Meningkatkan Daya Konsentasi agar Optimal Dalam Belajar

  1. Pingback: Mengenal Karakteristik Peserta Didik Berdasarkan Aspek Moral - POJOK GURU DOT COM

Tinggalkan Balasan